Langsung ke konten utama

Perencanaan Pengajaran (Sem 3)


KONSEP PERENCANAAN
PENGAJARAN

PENGERTIAN PERENCANAAN
Suatu proyeksi tentang apa yang diperlukan dalam rangka mencapai
tujuan absah dan bernilai
PENGERTIAN PENGAJARAN
Suatu kegiatan di mana seseorang dengan sengaja diubah dan
dikontrol, dengan maksud agar ia dapat bertingkah laku atau bereaksi
terhadap kondisi tertentu.
KOMPONEN-KOMPONEN PENGAJARAN
·         Tujuan Pengajaran
·         Bahan ajaran (materi)
·         Strategi Pengajaran (metode dan media)
·         Evaluasi Pengajaran

PENGAJARAN SEBAGAI SUATU
·         SISTEM
·         TUJUAN
·         EVALUASI MATERI
·         STRATEGI

TUGAS GURU SEBAGAI PROFESI
a. Membantu peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensinya
sehingga tumbuh dan berkembang dengan total dan sempurna
b. Membantu anak belajar sehingga kemampuan intelektualnya
tumbuh dengan menguasai berbagai ilmu pengetahuan,
keterampilan, pengalaman, nilai dan sikap.
c. Menyampaikan berbagai ilmu pengetahuan kepada peserta didik
dengan menggunakan pendekatan dan metodologi yang penuh
dengan kreatifitas sehingga kreatifitas peserta didik tumbuh dan
berkembang
d. Menanamkan berbagai nilai-nilai dalam diri peserta didik sehingga
melekat dan tumbuh menjadi satu dengan perilaku peserta didik
setiap hari
e. Membangun watak dan kepribadian peserta didik menjadi orang
yang memiliki watak dan kepribadian tertentu yang diperlukan oleh
masyarakat luas
f. Mengajar peserta didik bagaimana berhubungan dengan orang lain
g. Mengembangkan peserta didik menjadi orang yang berakhlak mulia


FUNGSIPERENCANAAN PENGAJARAN
1) Mengklasifikasi, menata secara logis, dan merekam ide-ide guru
mengenai tujuan dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan
2) Memberikan panduan kepada guru untuk dapat melaksanakan
pembelajaran dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang
telah ditetapkan
3) Menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien
4) Memungkinkan jadwal kerja dalam unit waktu dan urutan yang
tepat
5) Menjaga pergeseran pertemuan dan menjamin bagian akhir tepat
waktu
6) Memudahkan guru untuk melihat kemajuan-kemajuan yang dicapai
peserta didik, melihat keefektifan rencana pembelajaran dengan
pelaksanaannya, serta merekam kekuatan dan kelemahan dalam
pembelajaran sebagai bahan penyempurnaan kegiatan
pembelajaran berikutnya.


JENIS-JENIS PERENCANAAN PENGAJARAN
a. Program Tahunan
Program pengajaran yang mencakup seluruh mata
pelajaran untuk satu tahun. Misalnya untuk kelas I, II,
dan kelas III.
b. Program Semester
Program pengajaran yang mencakup kompetensi, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator,
penilaian, alokasi waktu, sumber dan alat belajar.
Misalnya : Satuan Acara Pembelajaran (SAP), Silabus.
c. Program Harian/Mingguan
Program pengajaran yang mencakup rencana tindakan
yang akan dilaksanakan dalam satu pembelajaran (PBM)
dengan menggkoordinasikan komponen-komponen
pembelajaran secara sistematis. Misalnya : Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Sifat-Sifat Huruf

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Al-quran sebagai kitab yang berisi firman-firman Allah SWT. Sebagai umat islam sudah seharusnya kita menjaga kitab yang menjadi pedoman umat islam. Al-qur’an merupakan kalamullah maka dalah segi pembacaannya mempunyai tatacara membacanya dalam arti kata kita mengetahui ilmunya agar tidak terjadi salah arti dalam membaca Al—Qur’an serta bacaannya haruslah tartil. Atas dasar tersebut para ulama menciptakan sebuah disiplin ilmu dalam membaca Al-Qur’an yatu Ilmu Tajwid. Ilmu tajwid di dalamnya menerangkan hukum-hukum bacaan yang terdapat dalam Al-Qur’an. Dalam ilmu tajwid juga di bahas mengenai makhorijul huruf agar dalam segi pembacaannya ada perbadaan dalam semua huruf hijahiyah. Huruf hijahiyah mempunyai sifatul huruf dan sifat itulah yang membedakan masing-masing huruf hijahiyah. B.        Rumusan Masalah 1.       Ada berapa sifat-sifat huruf? 2.       Bagaimana cara mengucapkan atau melafalkan sifat-sifat huruf? BAB II

Makalah Peran dan Fungsi Media Pembelajaran

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Masalah Media pembelajaran memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang kaya dan bervariasi, tidak saja membuat motivasi belajar meningkat, tetapi juga menjadikan hasil belajar lebih bermakna. Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju. Penggunaan media atau alat bantu disadari oleh banyak praktisi pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas, terutama membantu dalam peningkatan prestasi belajar siswa dan membantu juga dalam pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Namun, dalam implementasinya tidak banyak guru yang memanfaatkannya, bahkan penggunaan metode ceramah (lecture method) monoton masih cukup populer dikalangan guru da

PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM

KATA PENGANTAR Puji dan Syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarga, para sahabatnya tabiin dan tabiat hingga sampai kepada kita sebagai umatnya. Alhamdulillah pada kesempatan ini penyusun telah menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan Islam”. Sebagai salah satu tugas kelompok mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam. Pada kesempatan ini penyusun sampaikan ucapan terima kasih kepada Dosen mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam, yang telah memberikan arahan sehingga tugas ini terselesaikan dengan baik. Tidak lupa kepada teman-teman mahasiswa yang telah memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada penyusun. Penyusun menyadari bahwa dalam tugas ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Semoga dengan adanya makalah ini bisa dijadikan sebagai bahan kajian dan informasi kepada pihak-pihak yang akan mengembangkan lebih jauh untu