KONSEP PERENCANAAN
PENGAJARAN
PENGERTIAN PERENCANAAN
Suatu proyeksi
tentang apa yang diperlukan dalam rangka mencapai
tujuan absah dan
bernilai
PENGERTIAN PENGAJARAN
Suatu kegiatan di
mana seseorang dengan sengaja diubah dan
dikontrol, dengan
maksud agar ia dapat bertingkah laku atau bereaksi
terhadap kondisi
tertentu.
KOMPONEN-KOMPONEN PENGAJARAN
·
Tujuan
Pengajaran
·
Bahan
ajaran (materi)
·
Strategi
Pengajaran (metode dan media)
·
Evaluasi
Pengajaran
PENGAJARAN SEBAGAI SUATU
·
SISTEM
·
TUJUAN
·
EVALUASI
MATERI
·
STRATEGI
TUGAS GURU SEBAGAI PROFESI
a. Membantu peserta
didik untuk mengembangkan seluruh potensinya
sehingga tumbuh dan
berkembang dengan total dan sempurna
b. Membantu anak
belajar sehingga kemampuan intelektualnya
tumbuh dengan
menguasai berbagai ilmu pengetahuan,
keterampilan,
pengalaman, nilai dan sikap.
c. Menyampaikan
berbagai ilmu pengetahuan kepada peserta didik
dengan menggunakan
pendekatan dan metodologi yang penuh
dengan kreatifitas
sehingga kreatifitas peserta didik tumbuh dan
berkembang
d. Menanamkan
berbagai nilai-nilai dalam diri peserta didik sehingga
melekat dan tumbuh
menjadi satu dengan perilaku peserta didik
setiap hari
e. Membangun watak
dan kepribadian peserta didik menjadi orang
yang memiliki watak
dan kepribadian tertentu yang diperlukan oleh
masyarakat luas
f. Mengajar peserta
didik bagaimana berhubungan dengan orang lain
g. Mengembangkan
peserta didik menjadi orang yang berakhlak mulia
FUNGSIPERENCANAAN PENGAJARAN
FUNGSIPERENCANAAN PENGAJARAN
1) Mengklasifikasi,
menata secara logis, dan merekam ide-ide guru
mengenai tujuan dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan
2) Memberikan
panduan kepada guru untuk dapat melaksanakan
pembelajaran dengan
baik sehingga dapat mencapai tujuan yang
telah ditetapkan
3) Menjadikan
pembelajaran lebih efektif dan efisien
4) Memungkinkan
jadwal kerja dalam unit waktu dan urutan yang
tepat
5) Menjaga
pergeseran pertemuan dan menjamin bagian akhir tepat
waktu
6) Memudahkan guru
untuk melihat kemajuan-kemajuan yang dicapai
peserta didik,
melihat keefektifan rencana pembelajaran dengan
pelaksanaannya,
serta merekam kekuatan dan kelemahan dalam
pembelajaran sebagai
bahan penyempurnaan kegiatan
pembelajaran berikutnya.
JENIS-JENIS PERENCANAAN PENGAJARAN
a. Program Tahunan
Program pengajaran
yang mencakup seluruh mata
pelajaran untuk satu
tahun. Misalnya untuk kelas I, II,
dan kelas III.
b. Program Semester
Program pengajaran
yang mencakup kompetensi, materi
pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator,
penilaian, alokasi
waktu, sumber dan alat belajar.
Misalnya : Satuan
Acara Pembelajaran (SAP), Silabus.
c. Program
Harian/Mingguan
Program pengajaran
yang mencakup rencana tindakan
yang akan
dilaksanakan dalam satu pembelajaran (PBM)
dengan
menggkoordinasikan komponen-komponen
pembelajaran secara
sistematis. Misalnya : Rencana
Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP).
Komentar